Selasa, 01 November 2016

Mengapa Hasil Kerja Guru Tidak Dianggap Penelitian

Mengapa hasil kerja guru dalam adminsitrasi pembelajaran belum dianggap sebagai penelitian?...
Sebenarnya dalam administrasi pembelajaran yang dibukukan seorang guru merupakan penelitian juga karena semua prinsip-prinsip penelitian ada didalamnya. Pertama, guru melakukan perencanaan pembelajaran yang disebut dengan Administrasi Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Kedua, Guru melakukan penilaian dan evaluasi dengan Administrasi Penilaian.
Apa itu Administrasi KBM? Administrasi KBM adalah kumpulan rencana pembelajaran yang akan dilakukan guru kepada peserta didik di kelas. Rencana pembelajaran itu diantaranya terdiri dari:
1.      Kalender Pendidikan
2.      SK dan Jadwa Mengajar
3.      Distribusi Alokasi Waktu Efektif Pembelajaran
4.      Pembagian Kompetens Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)
5.      Program Tahunan Pembelajaran
6.      Program Semester Pembbelajaran
7.      Pemetaan KI dan KD
8.      Penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
9.      Rancangan dan Kriteria Penilaian
10.  Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
11.  Kisi-Kisi Soal
12.  Silabus Pembelajaran

Apa itu Administrasi Penilaian? Administrasi Penilaian adalah kumpulan proses pembelajaran yang diolah guru setelah memberikan soal atau pertanyaan kepada peserta didik. Administrasi tersebut diantaranya terdiri dari:
1.       Jurnal Harian pembelajaran
2.      Daftar Hadir Peserta Didik
3.      Analisis Nilai Ketuntasan KD
4.      Program Remedial dan Pengayaan
5.      Analisis Nilai Semester
6.      Analisis Nilai Raport
7.      Program Remedial dan Pengayaan
8.      Laporan Kendali Tarap Serap
9.      Anekdotal
10.  Buku Tugas Terstruktur dan Tidak Terstruktur
11.  Analisis Soal

Yang saya maksud adalah hal-hal tersebut diatas secara prinsip telah sesuai dengan kaidah-kaidah dasar penelitian. Apa itu? Perencanaan ada (prota dan promes), hipotesis ada (KKM) dan pelaksanaan metode pembelajaran dilakukan setiap hari selama setahun dengan metode yang bermacam-macam. Survei dan observasi dilakukan sebelum diadakan ujian atau pemberian soal dengan membuat kisi-kisi soal dan rancangan penilaian sebelumnya. Hasil belajar dianalisis dan dan dilakukan pembanding silang secara terbuka kepada peserta didik. Bahkan untuk nilai Ujian Tengah Semester (UTS) dilaporkan kepada orang tua sebagai control dan tanggungjawab guru di Madrasah. Dan nilai raport merupakan kesimpulan dari hasil pembelajaran peserta didik selama setahun atau setengah tahun. Kemudian guru merefleksikan diri tentang hasil pembelajaran anak didiknya untuk memperbaiki dan memotivasi peserta didik untuk lebih meningkatkan hasil belajarnya kemudian.
Tetapi banyak yang menganggap itu bukan penelitian tetapi justru PTK yang banyak diakui sebagai bagian dari penelitian guru? Pada hal PTK itu hanya menguji metode mengajar dan hasil belajar yang sebenarnya itu bagian dari Kompetisi Dasar saja. Sedangkan yang disebut di atas merupakan proses pembelajaran seluruh  KI dan KD dalam 1 tahun.

Waduh capek deh………………………………………………………………….
email. hendrosugiharto67@gmail.com

Jawabannya..........................benar itu penelitian tetapi harus dibuat laporan atau diukukan atau ditulis sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan ilmiyah. Bukan berupa kumpulan-kumpulan data seperti yang di atas....................oke

ADMINISTRASI KBM PEMBELAJARAN
MTs AT-THOHIRIYAH PAMIJAHAN
Tahun Pelajaran 2016/2017

untuk sementara baru kelas 7 saja

1. Cover
2. SK dan Jadwal 2016/2017
3. Distribusi Waktu
4. Pembagian KI dan KD
5. 4. Prota
6. Promes
7. KKM
8. Pemetaan
9. Rancangan dan Kriteria Penilaian
10. Silabus Matematika


ADMINISTRASI PENILAIAN PEMBELAJARAN
MTs AT-THOHIRIYAH PAMIJAHAN
Tahun Pelajaran 2016/2017


1. Jurnal Pembelajaran
2. Daftar Hadir
3. Daftar Nilai
4. Daftar Nilai Raport
5. Program Remedial dan Pengayaan
6. Analisis Semester
7. Laporan Nilai Kendali Tarap Serap
8. Anekdotal
9. Kisi-Kisi Soal
10. Buku Ulangan dan PR

RPP Bab 1