PERBANDINGAN HASIL BELAJAR DENGAN
BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL ANTARA PESERTA DIDIK YANG MENDAPAT PEMBELAJARAN
METODE PEMBELAJARAN KLASIKAL DENGAN METODE PEMBELAJARAN DISKUSI KELOMPOK DI
KELAS VII SEMESTER GANJIL
MTS AT-THOHIRIYAH
PAMIJAHAN BOGOR
TAHUN
PELAJARAN 2015-2016
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Masalah
Pada kurikulum
2006 disebutkan bahwa Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan
membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka
mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta
didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha
Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi
warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. [1]
Sebagai lembaga formal, madrasah merupakan sarana dalam
rangka pencapaian tujuan pendidikan tersebut. Melalui madrasah peserta didik
dapat belajar berbagai hal. Diantaranya metode pembelajaran yang efektif akan
membantu meningkatkan hasil belajar peserta didik, terlebih lagi dengan mata
pelajaran yang kurang diminati peserta didik yaitu matematika.
Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari
perkembangan teknologi modern sekarang ini. Mata pelajaran tersebut mempunyai
peran dalam berbagai disiplin dan memajukan daya fikir manusia. Hal ini perlu
diberikan kepada semua peserta didik dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi
(PT) untuk membekali peserta didik dengan kemampuan berfikir logis, analitis,
sistematis, kreatif, serta kemampuan bekerja sama. Kompetensi tersebut diperlukan agar peserta didik
dapat memiliki kemampuan memperoleh, mengelola, dan memanfaatkan informasi
untuk bertahan hidup pada keadaan yang selalu berubah, tidak pasti, dan
kompetitif.
Lebih Lanjut Lihat Riset Pembelajaran
Lebih Lanjut Lihat Riset Pembelajaran