Rabu, 26 Oktober 2016

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR DENGAN BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL ANTARA PESERTA DIDIK YANG MENDAPAT PEMBELAJARAN METODE PEMBELAJARAN KLASIKAL DENGAN METODE PEMBELAJARAN DISKUSI KELOMPOK DI KELAS VII SEMESTER GANJIL
MTS AT-THOHIRIYAH PAMIJAHAN BOGOR
TAHUN PELAJARAN 2015-2016


BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang Masalah
Pada kurikulum 2006 disebutkan bahwa Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. [1]
Sebagai lembaga formal, madrasah merupakan sarana dalam rangka pencapaian tujuan pendidikan tersebut. Melalui madrasah peserta didik dapat belajar berbagai hal. Diantaranya metode pembelajaran yang efektif akan membantu meningkatkan hasil belajar peserta didik, terlebih lagi dengan mata pelajaran yang kurang diminati peserta didik yaitu matematika.
Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern sekarang ini. Mata pelajaran tersebut mempunyai peran dalam berbagai disiplin dan memajukan daya fikir manusia. Hal ini perlu diberikan kepada semua peserta didik dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi (PT) untuk membekali peserta didik dengan kemampuan berfikir logis, analitis, sistematis, kreatif, serta kemampuan bekerja sama. Kompetensi tersebut diperlukan agar peserta didik dapat memiliki kemampuan memperoleh, mengelola, dan memanfaatkan informasi untuk bertahan hidup pada keadaan yang selalu berubah, tidak pasti, dan kompetitif. 
Lebih Lanjut Lihat Riset Pembelajaran



[1] KTSP MTs Atthahiriyah, 2014, dok. Hal 20