Rabu, 26 Oktober 2016

UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN TENTANG BANGUN RUANG SISI DATAR ( PRISMA, KUBUS DAN BALOK ) DENGAN METODE KONTEKTUAL TIPE STAD PADA SISWA KELAS VIII MTs AT-THOHIRIYAH PAMIJAHAN KABUPATEN BOGOR

BAB  I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang Masalah
Permasalahan pendidikan selalu muncul dengan makin berkembangnya kemajuan informasi dan kebudayaan, serta berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Kondisi ini menuntut guru dalam setiap pembelajaran menggunakan metode pembelajaran yang tidak menimbulkan kejenuhan dan kebosanan bagi siswa di dalam kelas.
Pemecahan masalah pendidikan dengan seperti di atas sebenarnya telah dilakukan oleh pemerintah dengan selalu mengadakan pelatihan-pelatihan guru. Konsekuensi dari yang telah dilakukan oleh pemerintah, guru berada dititik sentral untuk mengatur, mengarahkan dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi siswa dan sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Oleh karena itu guru dituntut untuk lebih profesional, inovatif, prespektif, dan proaktif dalam melaksanakan tugas pembelajaran.
Monotonnya metode pembelajaran yang digunakan oleh guru dapat  menimbulkan kejenuhan  siswa dalam belajar yang pada akhirnya dapat menurunkan motivasi, minat belajar serta hasil belajar siswa. Demikian juga apabila siswa tidak dirangsang untuk meningkatkan aktivitas di kelas maka siswa cenderung apatis dan tidak berkembang potensi pada dirinya. Tidak pula mempunyai semangat untuk meningkatkan diri dengan potensi dirinya . Dalam konsep belajar, Sardiman  mengatakan bahwa “prinsip belajar ada tiga, yakni (1) harus ada aktivitas untuk menunjukkan potensinya, (2) perlu motivasi, (3) dan keadaan siswa perlu diperhitungkan”. 

Silahkan lanjut ke PTK Penelitian 2