BAB I
PENDAHULUAN
Untuk Melihat silahkan lanjut ke PTK Penelitian 1
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Salah satu tugas sekolah adalah memberikan pengajaran dan memberikan pelayanan pendidikan kepada siswa. Mereka harus memperoleh kecakapan dan pengetahuan dari sekolah, selain mengembangkan potensi dirinya. Sebab menurut Soetjipto dan Raflis Kosasi mengatakan bahwa “perkembangan kemampuan siswa secara optimal untuk berkreasi, mandiri, bertanggungjawab dan memecahkan masalah merupakan tanggungjawab yang besar dari kegiatan pendidikan”. Sehingga bagaimanapun juga dunia pendidikan khususnya sekolah berperan dalam pembentukan tersebut. Oleh karena itu pemerintah secara tegas membuat kebijakan yang mendukung tujuan pendidikan baik di sekolah maupun diluar sekolah.
Menurut Zulfiani, dkk tentang misi pendidikan nasional adalah “(1) mengupayakan perluasan dan pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan yang bermutu bagi seluruh rakyat Indonesia, (2) membantu dan menfasilitasi pengembangan potensi anak bangsa secara utuh sejak dini sampai kahir hayat dalam rangka mewujudkan masyarakat belajar”. Hal ini berarti seluruh komponen guru berupaya mengarahkan pendidikan kepada misi yang telah dicanangkan oleh pemerintah melalui pembelajaran yang baik dan benar, terarah dan terprogram serta terintegrasi baik secara langsung maupun tidak langsung.
Pembelajaran merupakan kegiatan belajar mengajar yang berlangsung dalam interaksi antara guru dan siswa. Interaksi terjadi saat guru mengajar di dalam kelas. Proses pengajaran yang optimal memungkinkan hasil belajar yang optimal pula. Semakin besar usaha untuk menciptakan kondisi dalam pembelajaran, makin tinggi pula hasil atau produk dari pengajaran itu.