Jumat, 11 Juli 2014

RPP tematik Kelas 1 Tematik Pembelajaran 2/1 MI

RPP kelas 1 Tematik MI Pembelajaran 2/1
Mengenal Bilangan Bersama Teman




TUGAS MATAKULIAH
PEMBELAJARAN TEMATIK

image


Untuk Memenuhi Tugas Kelompok
Mata Kuliah Pembelajaran Tematik


Dosen : ASEP EDIANA LATIF, M.Pd


Disusun Oleh:
Kelompok 1 Kelas E 517
NINING ROSDIANA
ISTI RAHMATIA
NUR ALI
ADENG



PROGRAM DUAL MODE SYSTEM PGMI FITK
UIN SYARIF HIDAYATULLAH
JAKARTA
2014



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TEMATIK MI



NAMA SEKOLAH             :     MI SIROJUSSHIBYAN CIBUNGBULANG
T E M A                               :     DIRIKU
SUBTEMA 1                      :     Aku dan Teman Baru
KELAS/SEMESTER        :     I/1
PEMBELAJARAN            :     2/1 (Mengenal Bilangan Bersama Teman)
ALOKASI WAKTU           :     1 hari


A.     KOMPETENSI INTI
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengarkan, melihat, membaca) dan menanya, berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan tuhan dan kegiatannya, dan benda- benda yang dijumpainya dirumah dan disekolah.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yg mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.    KOMPETENSI DASAR
MATEMATIKA
3.1. Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada disekitar rumah, sekolah atau tempat bermain.
PPKn
4.2. Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah.
B. INDONESIA
3.4. Mengenal teks cerita diri/personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.4. Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

C.   INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
MATEMATIKA
Ø  Menghitung banyak benda 1 – 5.
Ø  Menunjukkan benda sesuai dengan bilangan yang ditentukan.
PPKn
Ø  Menjalankan peraturan pada permainan di sekolah.
B. INDONESIA
Ø  Mengidentifikasi nama teman.
Ø  Menyebutkan identitas teman.

D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Setelah mengikuti permainan, siswa dapat mengenal konsep bilangan 1 – 5 dengan tepat.
2.    Dengan melakukan permainan siswa dapat mengenal lambang bilangan dengan benar.

E.     MATERI PELAJARAN
Mengenal Bilangan Bersama Teman

F.     METODE  DAN MODEL PEMBELAJARAN
Metode:
1.    Tanya Jawab
2.    Drill (latihan)
Model :
Direct  Instruction (model pengajaran langsung) dipadukan dengan model make a match (membuat/mencari pasangan).




G.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN /KEGIATAN PEMBELAJARAN

NO
KEGIATAN
WAKTU
1.
PENDAHULUAN
1)     Guru menyampaikan bahwa mereka akan bermain sambil mengenal bilangan dan mengajak siswa untuk berhitung bersama dari 1 – 5.
2)     Membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dengan penuh khidmat;
3)     Memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran  dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
4)     Mengkondisikan siswa untuk menerima pelajaran.
5)     Menghubungkan materi pelajaran lalu dengan pelajaran sekarang.
6)     Menyampaikan kompetensi inti, kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
7)      Mempersiapkan potongan kertas angka 1 – 5 sebanyak 3 set atau lebih.

2.
KEGIATAN INTI
Mengamati
1)    Guru mengenalkan konsep dan lambang bilangan 1 – 5..
Asosiasi
2)    Guru mengenalkan konsep dan lambang bilangan 1 – 5.
3)    Guru menempelkan kertas bertuliskan angka 1 – 5 di beberapa bagian kelas. Angka 2 ditempel di papan tulis.
Menanya
4)    Dengan dimotivasi oleh guru  mengajukan pertanyaan angka berapakah ini (sesuai dengan gambar), atau pertanyaan lain yang relevan.
5)    Mengajukan pertanyaan kelas berapakah kamu sekarang?
Eksperimen/explore
6)    Satu siswa diminta untuk berdiri di dekat angka 1, dua siswa diminta berdiri di dekat angka 2 demikian seterusnya sampai di angka 5 dengan lima siswa.
7)    Siswa diminta kembali ke tempat semula.
8)    Guru menghitung sampai angka 5 dan meminta siswa untuk menuju ke sudut-sudut angka tersebut.
9)    Jumlah siswa di setiap sudut harus sesuai dengan angka yang tertera. Misalnya pada sudut dengan angka 1, hanya ada satu siswa di sana. Begitu juga dengan angka yang lain.
Komunikasi
10)  Guru mengulang kegiatan sampai siswa paham mengenai banyak benda dan lambang bilangan 1 – 5.
11)  Guru meminta siswa mengungkapkan perasaan dan pendapatnya.
12)  Siswa berlatih memasangkan lambang bilangan 1 – 5 dengan jumlah bilangan di buku siswa.

3.
PENUTUP
1)    Siswa diajak melakukan refleksi atas aktivitas pembelajaran yang telah dilakukan.
2)    Guru dapat menanyakan apakah siswa sudah memahami materi tersebut.
3)    Di bawah bimbingan guru, siswa menyimpulkan materi pembelajaran


H.    MEDIA PEMBELAJARAN
1.    Buku siswa.
2.    Potongan kertas bertuliskan angka 1 – 5 sebanyak 3 set atau lebih.

I.       SUMBER BELAJAR
1.    Buku Pegangan Guru  Kelas 1 Tematik Tepadu Kurikulum 2013 Tema : Diriku Kemendikbud
2.    Buku Siswa Kelas 1 Tematik Tepadu Kurikulum 2013 Tema : Diriku Kemendikbud
3.    Internet

J.     PENILAIAN
Lembar Pengamatan Ketaatan dalam Peraturan Permainan
No
Kreteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat (√)
1
Siswa mampu mengikuti instruksi guru


2
Siswa terlibat aktif dalam permainan


3
Mengikuti peraturan dalam permainan


4
Mengenal konsep dan lambing bilangan 1 – 5




Mengetahui: 
Kepala MI Sirojussibyan Cibungbulang

Guru Kelas,



I PARIHIN




NINING ROSDIANA
NIP.




















Lampiran
= 1
 = 2
  = 3
   = 4
   = 5